Wisata Sirau Siregol Karangmoncol Purbalingga

by - April 03, 2019

sirau, siregol, karangmoncol, wisata purbalingga, sirau siregol, desa kramat
Purbalingga selain terkenal dengan kenalpot dan sumanto, juga terkenal dengan wisata alamnya yang banyak dan selalu dikembangkan dengan kreatif. 
Purbalingga juga pernah disebut kota seribu curug karena banyaknya wisata air terjun di Purbalingga. Saat ini pemerintah kabupaten Purbalingga juga sedang semangat meningkatkan wisata di setiap desa wisata, contohnya yang sedang dikembangkan saat ini adalah wisata di daerah sirau siregol karangmongol, sirau siregol terkenal dengan bukitnya yang menakjubkan, selain itu juga banyak curug atau air terjun yang belum terbuka aksesnya. Sirau siregol ini masih memiliki satwa hampir punah seperti owa jawa, yang pada saat itu ada acara jelajah alam Purbalingga, owa jawa yang ada di sirau siregol dipamerkan dalam bentuk foto. Selain satwa hampir punah di lokasi ini juga masih terdapat peninggalan jaman paleolitikum.

Saat ini yang sedang dikembangkan adalah wisata air seperti tubing dan wisata air terjun. Desa ini akan mengembangkan wisata petualangan dengan pemandangan bukit yang bikin ketagihan ke sini, terakhir saya ke sini di lokasi sudah ada tempat isitirahat dan juga bisa untuk camping, tapi untuk camping di sini kabarnya harus didampingi warga lokal atau pengurus wisata. Saat saya ke wisata ini pihak pengelola wisata dari desa kramat dan sirau juga sedang mengembangkan tubing atau arung jeram yang sangat pas dengan sungai seperti yang ada di lokasi ini.

Menuju ke lokasi
Dari Purbalingga kota untuk menuju desa wisata ini kamu bisa melalui Bobotsari atau Pengadegan, kalau dari Purbalingga kota menuju kecamatan karangmoncol lebih cepat melalui Bobotsari, tapi sekarang sudah ada jembatan merah si gintung yang menghubungkan antara kecamatan pengadegan dengan kecamatan karangmoncol kamu bisa melaluui jembatan itu sambil berwisata.

Dari Purbalingga ke Bobotsari kamu bisa menggunakan angkutan umum dari terminal Purbalingga ke terminal Bobotari, dari terminal bobotsari kamu bisa menggunakan jasa ojek atau angkutan umum dengan warna biru muda sampai ke desa kramat, dari desa kramat saya sarankan kamu minta bantuan warga lokal untuk mengantar ke lokasi wisata juga bisa minta diantar ke terminal lagi sekalian.
Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi kamu bisa menggunakan google map atau tanya ke orang sekitar.

Jika kamu dari arah Banjarnegara lebih baik kamu lewat pengadegan, saya sarankan lewat jembatan merah sigintung, mampir di jembatan tersebut sambil berwisata kuliner dan berfoto foto dengan jembatan yang baru dibangun tersebut karena viewnya juga indah. Sebelum ke arah pengadegan kamu bisa mampir di bancar dengan mencicipi es duren bancar atau mencicipi sroto klamud di desa Toyreja.

Biaya wisata
Saat saya berwisata ke sirau siregol belum ditariki biaya apapun, kecuali jika kamu ingin camping dan ingin dipandu saat ke sini.


sirau, siregol, karangmoncol, wisata purbalingga, sirau siregol, desa kramat
bersantai di pinggir jalan sirau siregol

sirau, siregol, karangmoncol, wisata purbalingga, sirau siregol, desa kramat
saya sedang naik motor :v

sirau, siregol, karangmoncol, wisata purbalingga, sirau siregol, desa kramat

wisata purbalingga

Selain pemandangan bukit yang cantik ada juga sungai yang membuat otak kita terasa sangat damai, saya ke sungai ini karena jalan jalan lohya bukan karena kebelet hehe.

wisata purbalingga


Jika kamu ingin melihat lebih banyak foto fotonya kamu bisa searching di google atau di instagram, oiya bisa juga follow akun instagram saya ya hehe..
Sementara itu dulu yang bisa saya sampaikan, minta bantuan pemirsah semua untuk tinggalkan komentar saran atau lainnya yaa, terima kasih silahkan baca artiel travel lainnya di blog ini.

You May Also Like

2 komentar